SD Al Qur’an Amirul Mukminin Ragas Pulo Ampel Bergerak Maju Berbasis Sedekah

SD Al Qur’an Amirul Mukminin Ragas Pulo Ampel Bergerak Maju Berbasis Sedekah

0
BAGIKAN

Serang (19/06/2021) – Sekolah Dasar Al Qur’an Amirul Mukminin melaksanakan pertemuan perdana bersama orang tua/wali santri pada Sabtu (19/06/2021). Dalam pertemuan itu, Dr. H. Fadlullah, selaku founder SD Al Qur’an Amirul Mukminin menjelaskan arah kebijakan pendidikan SD Al Qur’an. Ia menjelaskan bahwa spirit SD Al Qur’an adalah tumbuh maju berkembang dengan sedekah.

“Penyelenggara pendidikan, guru, dan orang tua/wali santri berkolaborasi dalam mengamalkan hadits Nabi bahwa “ketika manusia mati terputus semua pahala amal ibadahnya, kecuali tiga. Pertama, sedekah jariyah, kedua ilmu yang bermanfaat, dan ketiga anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya”,” kata Fadlullah.

Dalam pertemuan tersebut, salah satu orang tua/wali santri menanyakan tentang biaya pembangunan dan kafalah untuk guru. Fadlullah menjelaskan bahwa sumber biaya pembangunan adalah sedekah jariyah sesuai kemampuan.

“Silahkan orang tua santri dan masyarakat luas berinvestasi untuk akhirat berupa dana atau material yang dibutuhkan,” tuturnya.

Baca Juga :   AAKPI Miliki Laboratorium Mini Bank

Sedangkan, lanjut Fadlullah, kafalah guru bersumber dari infak harian seikhlasnya dari orang tua/wali santri.

Diketahui, orang tua/wali dapat berinfak 50 ribu, 20 ribu, 10 ribu atau bahkan menyesuaikan keluasan rizki masing-masing di setiap harinya. Semua dana yang terhimpun untuk kafalah guru yang mengasuh dan mendidik santri mulai jam 07.00 hingga 16.00 WIB.

Fadlullah juga menjelaskan bahwa nantinya santri akan dibiasakan salat duha, dzuhur dan ashar berjamaah. Guru juga mengembangkan budaya literasi, membaca, menulis, berhitung, memahami Al Qur’an, dan berbagai keterampilan hidup berbasis proyek, terutama keterampilan konservasi dan pelestarian lingkungan.

Pertemuan guru dan orang tua/wali santri SDQ Amirul Mukminin

Pada kesempatan yang sama, ustadzah Hikmatul Ma’unah menjelaskan, bahwa prioritas utama pembelajaran Al Qur’an kelas awal SDQ Amirul Mukminin adalah membaca secara tartil dan indah. Setelah anak lancar membaca Al Qur’an sesuai makhrojil huruf yang baik, dilanjutkan dengan pelajaran bahasa Arab dan Dirasah Islamiyah berbasis kitab kuning.

Baca Juga :   Menarik! BUMDes Katapang Lebak Gelar Upacara HUT RI ke-75 di atas Perahu Rakit

Sedangkan ustadzah Leni menyampaikan rencana pengembangan diri santri dengan kemampuan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris dan Arab melalui pembiasaan. Insya Allah, SDQ Amirul Mukminin menyediakan English Corner berbentuk minishop yang memungkinkan guru dan santri berinteraksi dan berkomunikasi dalam kehidupan nyata.

Pada bagian akhir, Fadlullah menjelaskan bahwa SDQ Amirul Mukminin akan memulai tahun ajaran baru pada tanggal 6 Juli 2021 secara luring. Oleh karena itu orang tua/wali santri bersama Sekolah perlu menyiapkan diri dengan protokol kesehatan, ketersediaan air bersih, air mineral, dan nutrisi dengan gizi seimbang. Insya Allah semua tumbuh sehat, cerdas, dan berakhlakul karimah. (AIS/002)

TINGGALKAN KOMENTAR

ten − ten =