Ripki Permana SRB Provinsi Banten 2022 Gelar Sosialisasi Portal Rumah Belajar

Ripki Permana SRB Provinsi Banten 2022 Gelar Sosialisasi Portal Rumah Belajar

0
BAGIKAN
Ripki Permana / istimewa

Lebak – Pemanfaatan teknologi terus berkembang sesuai kemajuan jaman termasuk dalam bidang pendidikan. Demi menunjang pemerataan dan kemajuan pendidikan hadirlah portal rumah belajar sebagai sarana dan sumber pembelajaran. Sumber belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Dengan adanya rumah belajar, kita dapat belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di rumah belajar dapat diakses dan di manfaatkan secara gratis. Selain itu, Didalamnya terdapat 4 fitur utama yaitu sumber belajar, kelas Maya, labolatorium Maya dan bank soal. Terdapat juga fitur pendukung seperti peta budaya, buku sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, karya bahasa dan sastra, pengembangan keprofesian berkelanjutan, blog pena, edugame dan augmented reality.

Sejalan dengan itu, Sahabat Rumah Belajar (SRB) Provinsi Banten tahun 2022 asal Kabupaten Lebak yaitu Ripki Permana menggelar sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar di 2 tempat pada tanggal 30 Oktober 2022.

Baca Juga :   Prihatin dengan Kondisi Warga Lebak, IMALA adakan Baksos di Pedalaman Desa

Kegiatan pertama digelar di SDN 3 Muara, kec. Wanasalam yang berkolaborasi dengan beberapa stekholder seperti korwil / pengawas Sekolah kec. Wanasalam, K3S Kec. Wanasalam, Ketua PGRI Kec. Wanasalam dan Kepala sekolah SDN 3 Muara. Kegiatan tersebut mengundang seluruh guru yang ada di kec. Wanasalam. Akan tetapi, dikarenakan adanya pelaksanaan ANBK tingkat sekolah dasar membuat kegiatan ini hanya di hadiri sekitar 30 orang guru se kecamatan Wanasalam.

Menurut bapak Suyono, S.Pd selaku Pengawas / Korwil Kec. Wanasalam peserta sosialisasi antusias mengikuti kegiatan tersebut dan mudah-mudahan kegiatan ini berlanjut.

Kegiatan ke 2 dilaksanakan di Kecamatan Bayah. Bertempat di Pondok pesantren daar El kutub, Bayah.Kegiatan ke 2 ini berkolaborasi dengan beberapa stekholder seperti pengawas PAI Wilbi 7 Banten sekaligus Assesor BAN SM dan Pengawas DINDIKBUD provinsi Banten sekaligus Assesor BAN SM. Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa praktisi pendidikan seperti Dosen STKIP setia Budi, Guru dan Mahasiswa FIP prodi PGSD, PBSI dan PGPAUD.

Baca Juga :   Cegah Radikalisme dan Terorisme, FKPT Banten Libatkan Perempuan

Menurut pengawas PAI Wilbi 7 yaitu Drs Hj. Yuyu Sururiyah, M.M.Pd menyebutkan peserta antusias dan berharap rumah belajar menjadi referensi utama bagi guru. (W)

TINGGALKAN KOMENTAR

two × 5 =