Perkuat Persatuan Masyarakat, Kukerta 08 UIN SMH Banten Gelar Pawai Tahun Baru...

Perkuat Persatuan Masyarakat, Kukerta 08 UIN SMH Banten Gelar Pawai Tahun Baru Islam

0
BAGIKAN

Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) kelompok 08 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menggelar kegiatan perlombaan dan pawai bersama masyarakat Desa Kaduagung Tengah khususnya BTN Mandala Kaduagung Utama, Kabupaten Lebak dalam rangka menyambut hari besar Islam 1444 H dengan mengadakan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu siang (30/07/2022) dengan tajuk “Menyambut Tahun Baru Islam dengan Meningkatkan Keimanan, Menerima Keberagaman dan Menaklukkan Dunia dengan Al-Quran”.

Berangkat dari kondisi objektif yang ada, di Desa Kaduagung Tengah BTN Mandala terdapat Rumah Qur’an Salimah yang di dalamnya ada kegiatan seperti mengaji, menghafal, dan belajar- mengajar. Pada tahun sebelumnya belum pernah mengadakan perlombaan dan pawai bersama dalam satu desa, hanya beberapa kampung saja yang mengadakannya. Ini adalah sebuah terobosan baru hasil dari sebuah pemikiran mahasiswa Kukerta UIN SMH banten kelompok 08 agar kegiatan ini bisa di laksanakan di tiap tahunnya oleh Desa Kaduagung Tengah BTN Mandala Utama.

Baca Juga :   HMB Jakarta: RUU Masyarakat Adat Pemerintah Harus Mengkaji

“Selain memperingati Tahun Besar Islam 1 Muharram 1444 H, kegiatan ini juga peringatan agar kita selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Yang lebih utama adalah bentuk kepedulian sosial, khususnya masyarakat Desa Kaduagung Tengah BTN Mandala Utama,” ujar Umi Wanah selaku Ketua RW.

Ketua Kukerta Kelompok 08 UIN SMH Banten, Ahmad Wildan Sahuri Ramdani menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai ajang mempersatukan masyarakat desa.

“Kegiatan pawai ini sangat penting diadakan di berbagai Desa, karena ini adalah sebuah tolok ukur kegiatan pendidikan dan pembelajaran bagi anak serta untuk mempersatukan masyarakat desa, dan kegiatan ini juga untuk membangun tingkat keharmonisan bermasyarakat sehingga menumbuhkan rasa kepedulian sosial. Selain itu juga kegiatan pawai ini adalah lembaran baru untuk desa Kaduagung Tengah BTN Mandala Utama,” kata Wildan.

Baca Juga :   Peringati Hari Ketiadaan Tanah Internasional, FPR Banten Demo di depan KP3B

“Warga masyarakat Desa Kaduagung Tengah BTN Mandala Utama sangat antusias dalam menyukseskan kegiatan tersebut, sehingga masyarakat merasa terharu dengan adanya kegiatan pawai ini Walaupun tidak mengikuti kegiatan tersebut, karena di tahun sebelumnya terlihat belum pernah mengadakan kegiatan pawai ini,” tutur salah satu masyarakat Desa Kaduagung Tengah BTN Mandala Utama.

Terselenggaranya kegiatan ini juga atas dasar dorongan dan motivasi dari pihak perangkat desa serta masyarakat lainnya. Sehingga kegiatan pawai ini bisa terealisasikan dan besar harapan dapat diimplementasikan oleh masyarakat Desa Kaduagung Tengah BTN Mandala.

TINGGALKAN KOMENTAR

thirteen − 9 =