Miris, Gaji Guru Honorer Kota Serang Beda Tipis dengan Kab. Pandeglang

Miris, Gaji Guru Honorer Kota Serang Beda Tipis dengan Kab. Pandeglang

0
BAGIKAN
Foto: Demo Guru Honorer/ medan.tribunnews.com

Serang – Gaji guru honorer sekolah dasar negeri di Kota Serang beda tipis dengan gaji honorer di Kabupaten Pandeglang. Padahal Kota Serang merupakan Ibukota dari Pemerintah Provinsi Banten.

Bahrul Ulum, seorang guru honorer di SDN Kasemen, Kota Serang menceritakan bahwa Dia di gaji sebesar Rp. 550 ribu sebulan. Dan biasanya gaji itu ditransfer melalui rekening ketika dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) sudah cair.

“Gaji saya Rp. 550 ribu. Itu juga dirapel pertiga bulan untuk tahun ini karena tergantung cairnya dana BOS. Gaji pokok yang dari BOS, sekarang guru honorer melalui transfer ATM digajinya, jadi terkena potongan,” jelas Ulum, Selasa (16/07/2019).

Baca Juga :   Jelang Pileg, Negarawan Millenials Gelar Diskusi Publik

Lanjut Ulum, mirisnya itu kalau dana BOS belum cair, maka gajipun tidak akan turun. Terpaksa harus berhemat dikala banyaknya kenaikan harga pangan.

Ulum juga menjelaskan bahwa selain mendapat gaji dari dana bos, dapat juga tunjangan atau honor dari Pemkot Serang sebesar Rp. 600 ribu/3 bulan.

“Ya, dapat tunjangan Rp. 600 ribu/3 bulan,” tutur Ulum.

Lain lagi dengan Ana Rosiana Fadilah, lulusan UPI kampus Serang ini digaji Rp. 700 ribu perbulan di SDN Drangong 1.

“Ana digaji Rp. 700 perbulan. Gaji segitu harus bayar kontrakan di daerah Ciracas, Kota Serang. Tapi, Alhamdulillah cukup (untuk kehidupan sehari-hari),” ujar Ana.

“Untuk tunjangan dari Pemkot Serang, Ana belum dapat. Tapi sudah diajukan,” lanjut Ana.

Baca Juga :   Labdar Banten Adakan Trenmatif Se-Kota Serang

Ana sendiri menjelaskan banyak Guru Honorer di Kota Serang yang bernasib sama dengan dirinya.

Sebelumnya, ada Guru Honorer di Kabupaten Pandeglang yang tinggal di WC dan bergaji Rp 350 ribu. Gaji segitupun tidak cukup untuk kelangsungan hidupnya, karenanya-pun guru itu tinggal di WC Sekolah dan berjualan makanan ringan sebagai kerja sampingan.

 

(Ilham/Fitra).

TINGGALKAN KOMENTAR

nine − five =