Membangun Kesadaran Masyarakat Melalui Literasi di Kabupaten Serang

Membangun Kesadaran Masyarakat Melalui Literasi di Kabupaten Serang

0
BAGIKAN

 

Oleh: Rohmanudin, Pembina Rumah Literasi. Literasi Anak Desa Kab Serang

Pada zaman milenial sekarang ini, seharusnya kesadaran akan literasi harus lebih maju dan meningkat akan tetapi melihat realita sekarang kesadaran akan literasi semakin berkurang, yang padahal generasi sekarang tantanganya jauh lebih besar dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Pada zaman sekarang tantangan terhadap Literasi sangat kuat. Dimana daerah yang dikatakan telah maju adalah masyarakat yang memiliki pengetahuan yang luas. Realita sekarang masyarakat semakin maju dan berkembang, tetapi tidak diikuti dengan literasinya.

Banyak orang yang mulai meninggalkan membaca buku dan lebih memilih untuk bermain dan sibuk dengan gadget mereka, padahal masyarakat dikatakan maju jika mereka mendapat banyak pengetahuan dengan cara membaca buku. Sehingga korelasi antara masyarakat maju dan literasi sangat kuat, walaupun tanpa sebuah buku masyarakat masih bisa dikatakan mendapatkan pengetahuan atau informasi. Akan tetapi kesadaran untuk literasi amatlah sangat kurang. terutama kalangan orangtua notabene mereka lebih sibuk bekerja dan waktu untuk membaca sangat kurang. Mereka hanya meminta anak-anak mereka untuk membaca tanpa ada pemikiran bahwa perilaku anak meniru orang tua mereka. jika orang tua mereka berliterasi maka anak-anak mereka secara tidak langsung pasti juga mengikuti dan akan terpengaruhi.

Rumah Literasi. Literasi Anak Desa Kab Serang

Melalui Rumah Literasi (RL) Literasi Anak Desa Kab Serang yang berlokasi di Padarincang, berharap mampu untuk mumbumikan pemaham Literasi terhadap masyarkat seperti orangtua, Remaja dan Anak-Anak. tentunya Masyarakat di Kab Serang. Karena kami sadar bahwa literasi sudah menjadi kebutuhan dan tuntutan zaman terkhusus kepada regenerasi sekarang.

Baca Juga :   Ormawa STIT Al Khairiyah Gelar Maulid Nabi dan Santunan Anak Yatim

Ketika kami berdialog mengenai pentingnya Literasi dikalangan masyara, kami berharap dengan adanya suatu wadah disebut Rumah Literasi kawan-kawan milenial mampu untuk menyuarakan pentingnya literasi untuk membangun kesadaran dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sehingga bisa mewujudkan masyarkat maju terutama di Kab Serang, dorongan budaya Membaca buku dan  Literasi masyarakat Desa terus di lancarkan, karena tidak sedikit masyarakat yang kurang kesadaran terhadap literasi terutama dikalangan orang tua dan lensia, dan dikarenakan mempunyi beberapa faktor diantaranya.

  1. Tingkat pendidikan yang rendan
  2. Seperti buta huruf dan aksara.
  3. Tidak memiliki waktu untuk membaca.
  4. Kurangnya dorongan untuk menjaga budaya membaca dan menulis.
  5. Kurangnya perpustakaan umum di daerah masing-masing.

Padahal literasi sangatlah penting bagi semua lapisan masyarakat. Tidak hanya pada kalangan anak-anak ataupun remaja yang masih menempuh pendidikan formal saja. Tetapi sangatlah perlu pada kalangan orangtua dan lansia juga. Sebab orang tua dan lansia menjadi sumber ilmu dan motivasi di lingkungan paling kecil yaitu keluarga.

Kita sadari bahwa setiap masyarkat ingin terus maju dan berkembang mewujudkan sikap literasi dan di tuntut untuk memiliki kemampuan kreatifitas yang kuat sehingga nantinya dapat mengembangkan karya yang dihasilkan oleh generasi sekarang dan akhirnya dapat berkontribusi banyak untuk kemajuan daerah dan bermanfaat untuk orang lain. kemudian untuk mewujudkan literasi dimasyarakat maka dibutuhkan semangat juang untuk meraih apa yang kita inginkan dan dapat mewujudkan sikap literasi dimasyarakat.

Maka dengan hadirnya Rumah Literasi Anak Desa di Kab Serang mampu untuk mewujudkan budaya membaca dan menulis. Karena hasil diskusi ketika pembentukan Rumah Literasi dengan kawan-kawan tingkat literasi masyarakat khususnya di Kab Serang tingkat literasi masyarakat masih dibilang rendah, seperti budaya membaca, menulis, berhitung, banyak kurangnya pemahaman literasi, sehingga cepat kebawa arus yang tidak benar maka Rumah Literasi ini akan menjadi ajang bagaimana masyarkat cerdas dan mampuh memilih dalam memilah berita yang sesuai fakta maupun berita yang menyesatkan.

Baca Juga :   Gerakan Pemuda Ansor Padarincang Mengadakan Pergantian Ketua Baru

Penulis berdiskusi dengan beberapa kawan-kawan Rumah Literasi bahwa minat baca di Kab Serang ini masih tertinggal dan katakanlah minat membaca sangat rendah, adanya Rumah Literasi (RM) bisa membantu meningkatkan minat baca masyarakat, karena kenyataan di lapangan menjadi pelajaran sangat berharga bagi semua pemangku kebijakan dari pusat sampe kedaerah bahwa sangat pentingnya budaya membaca untuk meningkatkan kualitas kecerdasan anak bangsa.

Dan beberapa faktor dapat mempengaruhi minat baca masyarakat baik itu dari lingkungan internal maupun eksternal.

Solusinya sangat di butuhkan strategi serta komitmen yang kuat oleh semua pihak dan pemahaman yang satufrekuensi antara Mahasiswa, pemuda, masyarakat dan perpustakaan daerah agar tidak mengalami ketertinggalan menyerap informasi dikarenakan kurangnya membaca. Konsep dasar inilah menurut kami sangat dibutuhkan untuk menentukan strategi dalam meningkatkan minat baca masyarkat. dan strategi yang diterapkan dapat diperoleh melalui manajemen strategis. Dan Forum-Forum Literasi Kab di Serang didukung penuh dan perpustakaan, melalui manajemen strategi perpustakaan daerah diharapkan mampuh mengedukasi masyarakat dengan gencar melakukan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan budaya membaca dan diharapkan mampu menghadapi tantangan-tantangan baik masa sekarang maupun masa mendatang.(Red.R/N)

TINGGALKAN KOMENTAR

2 × 4 =