Lionel Messi Antar Argentina Juarai Piala Dunia 2022

Lionel Messi Antar Argentina Juarai Piala Dunia 2022

0
BAGIKAN

Redaksi (18/12/2022) – Berkat kemenangan malam ini tim Argentina berhasil menorehkan tinta sejarah merengkuh gelar piala dunia 2022, trofi piala dunia terakhir berhasil diraih argentina pada tahun 1986.

Laga Final antara Argentina VS Prancis di Stadion Lusail Qatar pada Minggu malam berlangsung sengit, di 45 menit pertama Argentina lebih aktif dalam membangun serangan melalui poros serangan yang dibangun oleh Lionel Messi.

Babak pertama Argentina sementara unggul atas Perancis dengan skor 2-0, gol  dicetak oleh Lionel Messi melalui titik putih pada menit ke 23. Dan di maria pada menit ke – 36.

Di awal babak pertama argentina berinisiatif melakukan penyerangan dan menguasai permainan, lewat kedua sayapnya berkali kali umpan silang dilepaskan namun belum bisa dimaksimalkan menjadi sebuah gol, Argentina memiliki peluang terlebih dahulu pada menit ke 14 melalui Angelo di maria namun tendangannya masih jauh di atas mistar gawang.

Pergerakan berbahaya Angelo di maria yang berani menusuk membuat pemain  asal Klub Juventus ini harus di jatuhkan di kotak penalti yang mengakibatkan wasit menunjuk titik putih. Kesempatan ini tidak di sia-sia kan  oleh Lionel Messi yang di dapuk menjadi algojo, 1-0 untuk argentina (menit 23)

Menit ke 36 petaka kembali menimpa tim perancis  kerjasama antara Messi, Mac Allister dan di maria membuat jala gawang perancis kembali bergetar untuk yang kedua kalinya, skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Argentina.

Perancis merespon defisit gol dengan melakukan pergantian pemain untuk menambah daya gedor dengan menarik Oliver Giroud dan Dembele digantikan oleh Thuram dan Kolomuani.

Namun sampai akhir babak pertama perancis belum bisa membongkar pertahanan Argentina. Sehingga skor tetap 2-0 sampai turun minum.

Tertinggal 2-0 perancis mencoba mengejar ketertinggalan  namun rapatnya barisan pertahanan argentina membuat lini depan perancis kesulitan untuk menciptakan peluang.

Baca Juga :   Wali Kota Serang Berharap Prestasi PABERSI, PABSI dan PABFI Meningkat

Usaha yang dilakukan perancis membuahkan hasil setelah Nicolas Otamendi terpaksa melanggar Randal Kolo Muani yang berhasil menembus pertahanan Argentina, pada menit ke 80 perancis memperkecil ketertinggalan melalui titik putih menjadi 2-1 gol yang dicetak oleh Kylian Mbape. Gol ini semakin melecutkan semangat dan daya juang perancis untuk terus menekan pertahanan argentina.

Lagi lagi sentuhan apik seorang Kylian Mbape di menit ke 82 kembali mengubah skor menjadi imbang 2-2 setelah sontekan first time seorang Mbape merobek jala gawang argetina yang dikawal oleh Emiliano Martinez.  Dengan gol ini mengantarkan Mbape memimpin top skor dengan torehan

Tensi pertandingan semakin meninggi setelah skor menjadi imbang, Oliver Giroud yang telah di ganti pun mendapatkan kartu kuning karena protes yang terlalu keras terhadap wasit.

Hasil imbang 2- 2 tidak berubah sampai peluit panjang di bunyikan sehingga pertandingan lanjut di waktu ekstra time (perpanjangan waktu).

Masuk dibabak ekstra time 15 menit pertama jual beli serangan kembali terjadi, tensi pertandingan  bertambah tinggi ditandai dengan benturan dan pelanggaran yang kerap terjadi.

Akhirnya melalui serangan sporadis di menit ke 108 lionel messi kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah kemelut di depan gawang perancis, memanfaatkan bola muntah hasil tendangan tepis oleh kiper perancis namun bola muntah tepat mengarah ke arah Messi sehingga bola dengan mudah diceploskan ke dalam gawang, bola sempat di sapu oleh pemain belakang perancis namun wasit tetap mensahkan gol tersebut karena bola telah melewati garis gawang.

Drama bertambah seru saat Perancis kembali mendapatkan kesempatan  emas setelah pemain belakang Argentina tertangkap mata wasit mengenai tangan di kotak pinati sehingga wasit menunjuk titik putih. Kembali Mbape  (menit ke 118) ditunjuk menjadi algojo dan sukses membuat sor kembali imbang menjadi 3-3, gol ini juga mencatatkan dia meraih hatrick dalam pertandingan final ini. Sekaligus memimpin daftar top skor dengan delapan gol.

Baca Juga :   Lima Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Replay Sport, Penyedia Jasa Booking Futsal

Hasil imbang memaksa kedua tim untuk melanjutkan pertandingan dengan adu tendangan pinalti. Melalui drama adu penalti akhirnya argentina keluar menjadi kampiun piala dunia 2022 dengan skor adu penalti 4-2 untuk Argentina. Dengan hasil ini memastikan argentina meraih gelar yang ketiga.

Perjalanan Argentina Meraih Juara

Di awal laga piala dunia Tim Tango menelan kekalahan pahit di laga pembuka dari Saudi Arabia membuat para pengamat meragukan tim argentina dapat melaju lebih jauh. Namun tim tango ini mampu bangkit dan memimpin klasemen grup C dengan meraih point 6, melenggang ke babak 16 besar.

Di babak 16 besar Argentina berhasil menyingkirkan lawannya Australia dengan skor tipis 2-1, melaju ke babak perempat final argentina menang adu penalti dengan Belanda setelah di waktu normal 90 menit bermain imbang 2-2.

Laga semi final argentina bertemu dengan finalis piala dunia 2018 yaitu tim kroasia, namun lagi lagi Lionel Messi dan kawan kawan mampu bermain apik menumbangkan kroasia dengan skor telak 3-0.

Menjuarai Piala dunia ini merupakan pencapaian luar biasa dari seorang lionel messi, melengkapi gelar yang telah banyak di raihnya.

Argentina telah empat kali ke final Piala Dunia. Dua kali kalah (1-0 lawan Jerman di 1990 dan 2014). Dua kali menjadi juara (1978 dan 1986).

Dengan menjuarai piala dunia 2022 ini artinya argentina telah menjuarai sebanyak tiga kali yaitu pada tahun 1978, 1986 serta 2022. [A/F]

TINGGALKAN KOMENTAR

four × three =