Lebah Madu Untirta, Pengabdian Pendampingan Implementasi Sistem Jaminan Pangan Halal Berbasis Kompetensi...

Lebah Madu Untirta, Pengabdian Pendampingan Implementasi Sistem Jaminan Pangan Halal Berbasis Kompetensi Mahasiswa

0
BAGIKAN
Penyerahan ketetapan halal secara simbolis kepada ketua Lppm Untirta

Serang (22/12/2022) – Lembaga Bantuan Halal bagi Masyarakat dan Dunia Usaha – Untirta (Lebah Madu-Untirta) merupakan suatu program pengabdian kepada masyarakat yang dicetuskan oleh para dosen program studi Teknologi Pangan Untirta.

Program ini merupakan aktualisasi dari kurikulum merdeka yang menuntut dosen untuk berkiprah di luar kampus, melibatkan mahasiswa untuk mengaplikasikan keilmuan, dan memberikan impact kepada masyarakat luas.

Program Lebah Madu ini dilakukan dengan menyediakan layanan pendampingan kepada masarakat dan dunia usaha (UMKM dan industri) dalam proses sertifikasi serta penerapan jaminan produk halal.

Ketua pelaksana program Lebah Madu Untirta, Tubagus Bahtiar Rusbana, menyatakan “Salah satu kompetensi yang dimiliki mahasiswa setelah lulus dari teknologi pangan Untirta adalah memiliki pemahaman dan kemampuan dalam penerapan sistem jaminan halal.

Baca Juga :   KAMMI UIN SMH Banten Gelar Program KAMMI Berbagi

Melihat banyaknya UMKM Banten yang kesulitan dalam mengaplikasikan sistem ini maka kami melakukan model pendampingan kepada masyarakat dengan memberdayakan mahasiswa”.

Kegiatan perdana program Lebah Madu Untirta didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untirta dengan melakukan pendampingan kepada 2 UMKM yang ada di Banten.

Tim

Penyerahan ketetapan halal secara simbolis kepada ketua Lppm Untirta

mahasiswa diturunkan langsung ke lapangan untuk memberikan edukasi, mendampingi pelaku usaha dalam penyediaan dokumen, serta mengisi kelengkapan secara online semua persyaratan yang dibutuhkan untuk registrasi di kementrian agama. Secara lebih khusus, dalam rangka pemeriksaan atau audit, program Lebah Madu memilih LPPOM MUI sebagia Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Melalui program ini mahasiswa yang diperbantukan merasa senang karena secara langsung mereka mendapatkan pengalaman belajar secara riil bagaimana menjadi penyelia halal sebelum terjun ke dunia usaha yang sebenarnya.

Baca Juga :   Upacara Sertijab Wakapolres dan Kabag SDM Polres Serang Dipimpin Kapolres Serang

Hal ini disambut baik oleh ketua LPPM Untirta, Dr Rusmana, yang menyampaikan presiasinya ketika menerima secara simbolis ketetapan halal yang telah dikeluarkan komisi Fatwa MUI Banten.

“Kurukulum MBKM bisa kita realisasikan dengan sangat baik, apalagi mahasiswa terlibat dengan mengedepankan kompetensi yang mereka miliki sebagai bekal menuju dunia kerja. Program Lebah Madu perlu dilanjutkan bahkan sebagai trademark bagi prodi Tekpang Untirta untuk bermitra dengan UMKM dan industri di Banten khususnya”, demikian ungkap ketua LPPM Untirta.

TINGGALKAN KOMENTAR

ten + seven =