KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang Gelar Penyuluhan Mitigasi Bencana dan Pengelolaan...

KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang Gelar Penyuluhan Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Limbah Plastik menjadi BBM

0
BAGIKAN

Serang (1/9/2022) – Tim KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang melaksanakan Penyuluhan Mitigasi Bencana berupa sejumlah antisipasi untuk menekan korban akibat risiko terjadinya longsor yang kerap terjadi di Kecamatan Mancak ketika musim penghujan.

Dalam penyuluhan yang diadakan di SDN Pasir Gadung Desa Sangiang, Kecamatan Mancak, Minggu (14/08/2022). Masyarakat juga diberikan penyuluhan tentang pengelolaan limbah plastik menjadi BBM yang disampaikan oleh Dr. Mujiarto, S.T., M.T., Dosen Universitas Muhammadiyyah Tasikmalaya. Sedangkan untuk materi mitigasi bencana disampaikan oleh Prof. Ir. Paulus Pramono Rahardjo, MSCE., Ph.D., Guru Besar LLDIKTI Wilayah IV (Jabar-Banten).

Selain mitigasi bencana longsor, Prof. Paulus juga menyampaikan tentang mitigasi gempa dan tsunami karena letak geografis Desa Sangiang yang berdekatan dengan anak gunung krakatau dan juga berada di dalam ring of fire. Prof. Paulus menyampaikan bahwa yang bisa meminimalisir korban jiwa ketika terjadi bencana adalah pengetahuan masyarakat tentang mitigasi berupa tindakan preventif sebelum terjadinya bencana, sehingga ketika terjadi bencana masyarakat sudah siap dan korban jiwa dapat diminimalisir.

Baca Juga :   Dipimpin Brigjen TNI Legowo W.R Jatmiko, Tim Current Audit Itjenad Kunjungi Korem 064/ MY
Foto: istimewa

“Kami menyelenggarakan penyuluhan pengelolaan limbah plastik menjadi BBM bertujuan agar masyarakat Desa Sangiang dapat memanfaatkan semua jenis sampahnya menjadi bernilai secara ekonomi. Karena selain pengelolaan limbah plastik, kami juga telah melakukan pengelolaan sampah organik dengan budidaya maggot yang telah berjalan selama 1 bulan dan telah mereduksi sekitar 600 kg sampah organik dari 20 rumah warga di Desa Sangiang,” ungkap Firmansyah Marghana selaku Ketua TIM KKNT LLDIKTI IV saat sambutan di acara tersebut. (AAS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

4 × 5 =