Kembangkan Usaha Berbasis Daur Ulang Limbah. Begini caranya…

Kembangkan Usaha Berbasis Daur Ulang Limbah. Begini caranya…

0
BAGIKAN
Foto : tim PKM UNBAJA yang mendaur ulang limbah

Serang, (15/01/2019). Dosen dan mahasiswa unbaja yang tergabung dalam tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) behasil menciptakan karbol lingkungan atau karboling. Karboling ini merupakan cairan pembersih lantai yang bahan dasarnya berasal dari minyak jelantah (minyak sisa masak).

Selain menggunakan minyak jelantah sebagai bahan utamanya, karboling juga menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, seperti mengkudu dan kulit jeruk.

Fitriyah, selaku dosen teknik lingkungan yang membimbing kegiatan PKM ini mengungkapkan bahwa ide pembuatan karboling ini berasal dari kepedulian terhadap sampah dan limbah agar menjadi barang yang bermanfaat.

“Berawal dari ide dan gagasan sederhana, memanfaatkan sampah dan limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat,” ujar Fitri.

“Kemudian semangatnya adalah mereka menjadi mahasiswa mandiri sehingga kami ingin membuat UNBAJA berdaya. Sampai akhirnya lahirlah karbol dari minyak jelantah dan mengkudu, yang dinamakan karboling,” tambahnya.

Baca Juga :   Subadri : PKL, Tunggu Maret 2019!

Tim PKM ini sendiri terdiri dari mahasiswa terbaik unbaja yaitu Irfan Alfandiana, Ita Solihati, Indra Afiyatna, Popy Kusmiyati, dan Ahlan Badrakaisha.

Fitri juga tidak menyangka bahwa karboling ini bisa berkembang sejauh ini

“Hanya ide dan gagasan sederhana, tapi alhamdulillah Allah SWT memudahkan jalan-Nya. Mulai dari media online, TV lokal, sampai suplier chemical yang siap menampung usaha kami,” kata Fitri.

Fitri juga selanjutnya akan membuat tim Banten Karakter Preneurship. Tim yang menginisiasi usaha mahasiswa berbasis kreativitas dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Berangkat dari kepedulian komunitas ini terhadap lingkungan dan penyerapan sarjana terhadap pasar kerja di Banten. Kita akan berusaha menciptakan peluang kerja dan usaha untuk anak muda dan ibu-ibu di Kota Serang khususnya dan di Banten pada umumnya,” ungkap Fitri.

Baca Juga :   KKM 138 Untirta Gelar Pelatihan Hidroponik

 

Wartawan  : Fitra Nugraha

TINGGALKAN KOMENTAR

13 + fifteen =