Kelompok KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang Pelopori Pembentukan Posyandu Remaja Sebagai...

Kelompok KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang Pelopori Pembentukan Posyandu Remaja Sebagai Upaya Mencetak Generasi Sehat

0
BAGIKAN

Serang (1/9/2022) – Tim KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang bersama PUSKESMAS Kecamatan Mancak dan Kepala Desa Sangiang Asep Saepul Rohman, S.Pd melaunching Posyandu Remaja. Kegiatan yang mengusung tema “Wujudkan Sangiang Sehat” itu, berlangsung di Saung Kepala Desa, Desa Sangiang, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Sabtu (13/08/2022).

Pengetahuan tentang kesehatan perlu ditanamkan sejak dini. Utamanya di usia produktif 10-59 tahun. Karena kesehatan menjadi faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih dalam menciptakan generasi sehat dan berkualitas.

Dasar inilah yang membuat kelompok KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang membuat program Posyandu Remaha di Desa Sangiang, posyandu remaja ini diberi nama Posyandu SERUNI (Sehat Remajaku Untuk Indonesia). Anggotanya merupakan anak-anak usia 10-18 tahun yang berada di beberapa kampung di Desa Sangiang.

“Sebelum launching seluruh anggota posyandu remaja telah dilatih sebagai kader kesehatan remaja. Selain dibekali pengetahuan tentang kesehatan, mereka juga mendapatkan pengetahuan tentang menggunakan alat-alat kesehatan,” ujar Eka Sulingkar, Koordinator Bidang Kesehatan Tim KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang.

Baca Juga :   FKPT Banten: Guru Agama Perlu Belajar Dampak Radikalisme di Timur Tengah

Pengetahuan tentang kesehatan yang diberikan yaitu bahaya merokok, NAPZA, stunting, gizi seimbang, kesehatan reproduksi serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Program Posyandu Remaja ini upaya kita untuk mencetak generasi yang berkualitas untuk menghadapi bonus demografi di tahun 2030-2045,” ungkap Firmansyah Marghana dalam sambutannya sebagai Ketua KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang.

Ia mengatakan, soal kesehatan remaja pemerintah telah membuat ketentuan lewat Permenkes 25 tahun 2014. Hal tersebut untuk dipedomani agar setiap anak memiliki kemampuan berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.Foto: istimewa

Drg. Putri Asri Prima, salah satu dokter di Puskesmas Mancak dan Ketua Manajemen Resiko mengatakan bahwa program posyandu remaja merupakan program yang belum terlaksana dari tahun 2020. Namun berkat adanya Tim KKN Tematik LLDIKTI IV Desa Sangiang program ini dapat terlaksana.

Baca Juga :   PWM Provinsi Banten Gelar Rakerwil ke-5 dan Peresmian Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Banten

“Alhamdulillah, kita dari Puskesmas Mancak sangat terbantu sekali dalam melaksanakan program yang belum terlaksana dari tahun 2020 ini. Sebelumnya kita kesulitan dalam mencari dan mengumpulkan anak-anak muda, namun di tangan Tim KKNT kesulitan yang kami alami itu malah terasa mudah dan program ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses,” tutur Drg. Putri Asri Prima selaku pemegang program UKS di Kecamatan Mancak dan Ketua Manajemen Resiko. (AAS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

seven − 2 =