Jazuli Juwaini: Hasil Survei SMRC Menandakan Kemenangan Untuk Prabowo-Sandi

Jazuli Juwaini: Hasil Survei SMRC Menandakan Kemenangan Untuk Prabowo-Sandi

0
BAGIKAN
Foto: Jazuli Juwaini saat dimintai tanggapannya mengenai survei Pilpres di Banten / Aldi Agus Setiawan

Serang – Calon Anggota DPR RI Partai PKS, Jazuli Juwaini menafsirkan hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menandakan kemenangan untuk Prabowo-Sandi di Provinsi Banten.

“Hasil survei dengan persentase pasangan calon 01 meraih 43,2 % dan pasangan calon 02 meraih 41,7% justru ini menunjukkan kemenangan Prabowo-Sandi di Banten. Petahana (Jokowi) menjabat hampir 5 tahun tapi hanya mendapat 43,2% pemilih, hanya berbeda tipis dengan paslon 02. Apalagi ditambah dengan swing voter sebanyak 15,1% yang kemungkinan besar tidak akan memilih Petahana,” ujar Jazuli saat dimintai keterangannya oleh wartawan banteninfo.com di Hotel Abadi, Serang, (18/03/2019).

“Kalau mereka (swing voter) percaya dengan kerja Petahana selama ini, tentu sudah tidak ada keraguan lagi untuk tidak memilihnya. Tapi, ini tidak, masih ada keraguan dalam masyarakat. Ini artinya, bisa dipastikan bahwa 15,1% tersebut pasti memilih Prabowo-Sandi,” tambah Jazuli dengan raut muka bahagia.

Baca Juga :   Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNTIRTA Gelar Pentas Seni Teater

Dalam hal ini Jazuli diundang sebagai pelaku politik yang sudah banyak memiliki track record di pertarungan Pemilu. Ia selalu menghargai hasil-hasil dari survei akademik, namun beliau melihat hasil survei tersebut dari sudut pandang yang berbeda.

“Terima kasih untuk panitia yang sudah mengundang saya. Sebelumnya saya haturkan apresiasi kepada Direktur SMRC yang sudah memaparkan hasil surveinya. Sekali lagi, saya selalu menghargai hasil survei yang berdasarkan kajian akademik. Karena sadar betul, akademik tidak tidak bisa dibantah dengan akademik juga. Saya hanya coba menafsirkan. Ini teori saya, belum tentu dengan teori kalian semua yang ada disini,” ujar Jazuli.

Foto: Jazuli Juwaini (kiri), Adi Prayitno (tengah), Deni Irfani (kanan) / Aldi Agus Setiawan
Foto: Jazuli Juwaini (kiri), Adi Prayitno (tengah), Deni Irfani (kanan) / Aldi Agus Setiawan

Selain Jazuli, ada dua narasumber yang diundang yaitu Pak Deni Irfani selaku Direktur Riset SMRC dan Adi Prayitno sebagai Pengamat Politik sekaligus dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga sama-sama mengungkapkan pendapat dan hasil surveinya.

Baca Juga :   PP IMALA Lantik Pengurus Cabang IMALA Jakarta Raya

Intinya, Jazuli masih optimis bahwa hasil temuan survei itu sifatnya dinamis dan masih bisa berubah.

“Temuan survei ini kan tidak statis, sifatnya dinamis. Tergantung dari tiap-tiap tim pemenangan merogoh suara rakyat,” tutupnya.

 

Wartawan: Aldi Agus Setiawan / Editor: Fitra Nugraha

TINGGALKAN KOMENTAR

eighteen − two =