Ilkom Untirta Selenggarakan Kuliah Umum “Literasi Media Digital dalam Menangani Hoaks”

Ilkom Untirta Selenggarakan Kuliah Umum “Literasi Media Digital dalam Menangani Hoaks”

0
BAGIKAN

Serang – Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Literasi Media Digital dalam Menangani Hoaks” di Untirta kampus Pakupatan, Serang (26/11/2019).

Rahmi Winangsih selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi dalam sambutannya menjelaskan bahwa, kegiatan ini adalah bentuk partisipasi aktif Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNTIRTA dalam memerangi hoaks yang masih marak terjadi.

Selain itu, Narasumber kegiatan ini, Dadang Rahmat Hidayat mengutip survey yang dilakukan oleh Ismail Fahmi penggagas Drone Emprit pada 2017 lalu yang hasilnya, bahwa ada 1% masyarakat yang langsung meneruskan sebuah informasi tanpa memeriksa kebenarannya. Terlebih jika informasi tersebut adalah informasi yang menghebohkan.

Dadang menggambarkan fakta bahwa saluran hoaks yang paling banyak adalah melalui media sosial, sebesar 92,4%.

Baca Juga :   BNPT dan FKPT Banten Gelar Sosialisasi Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat

Menurut Dekan Fikom Unpad ini, salah satu cara penanganan hoaks adalah mengajak masyarakat untuk kembali meresapi kembali nilai-nilai “Manual Based” dalam berkomunikasi. Bagaimana kemudian kita mengingat kembali bahwa komunikasi yang sudah terbukti efektif, yaitu komunikasi tatap muka secara langsung. Tidak hanya melakukan komunikasi “Electronic Based”, yaitu berkomunikasi menggunakan media berbasis internet.

(FN)

TINGGALKAN KOMENTAR

sixteen − 13 =