IDRI Banten Selenggarakan Seminar Kiat Sukses Menembus ‘Hibah Buku Ajar Ristekdikti’

IDRI Banten Selenggarakan Seminar Kiat Sukses Menembus ‘Hibah Buku Ajar Ristekdikti’

0
BAGIKAN
Foto: seminar regional kiat sukses menembus hibah bahan ajar Ristekdikti / Fitra

Serang – IDRI (Ikatan Dosen Republik Indonesia) Banten menyelenggarakan kegiatan Seminar Regional yang mengambil tema ‘Kiat Sukses Menembus Hibah Buku Ajar Ristekdikti’  bertempat di ruang Audio Visula Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Banten, Kamis (14/2/2019).

Acara ini menghadirkan pembicara Dr. Supangat Rohani, (Dosen Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Ade Hidayat, M.Pd (Penerima Dana Hibah Buku Ajar Ristekdikti tahun 2016) dan Andi Suhud (Ketua IKAPI ‘Ikatan Penerbit Indonesia’ Banten) serta diikuti oleh puluhan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Banten.

Supangat Rohani dalam materinya menyampaikan ada beberapa alasan mengapa dosen harus menulis?  Pertama kompetensi, aturan pemerintah atau lembaga, kenaikan jabatan, kenaikan pangkat atau golongan, adanya ragam reward (hibah, tunjangan) dan karena faktor gagasan atau idealisme.

Selain itu, supangat juga menjelaskan bahwa banyak inspirasi dan inisiatif dosen dalam membuat buku.

Baca Juga :   Kapolres Pandeglang: Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya PHL Polres Pandeglang

“Ada ragam penulis buku yang setidaknya saat ini berkembang di kalangan Dosen, yaitu penulis yang berharap bukunya laku; penulis yang berharap dirinya tenar; penulis yang mempromosikan keunggulan program lewat bukunya; dan penulis yang konsisten menawarkan semangat ideologinya,” ujarnya.

“Dan seorang dosen hendaknya dapat mengambil peran sebagai penulis yang dapat menawarkan keunggulan program dan menawarkan semangat ideology,” tambahnya.

Pembicara lain, Ade Hidayat mengatakan untuk mendapatkan hibah buku ajar Ristekdikti perlu memerhatikan banyak hal.

Untuk mendapatkan hibah buku ajar Ristekdikti, yang harus diperhatikan oleh seorang dosen adalah, rancangan outline harus mengikuti Rencana Pembelajaran  Semester ( RPS) mata kuliah;  buku yang ditulis harus mampu menimbulkan minat baca dan memotivasi mahasiswa untuk belajar; dirancang dan ditulis untuk mahasiswa, dan yang terpenting adalah disusun secara fleksibel, sistematis, terstruktur berdasarkan kebutuhan mahasiswa dan kompetensi akhir yang diharapkan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Sejumlah Massa Aksi Tolak PPKM, Diringkus Aparat ke Mapolres Lebak-Banten.

Andi Suhud selaku ketua IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) Banten dalam paparannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh IDRI Banten, harapannya semoga dengan kegiatan seminar ini, para dosen terpacu untuk menulis buku dan menerbitkannya untuk bisa dibaca oleh masyarakat.

Andi juga mengatakan, IKAPI akan terus berkomitmen dalam membantu dosen mencetak buku-bukunya.

“IKAPI berkomitmen akan membantu dan memfasilitasi para dosen dalam menerbitkan bukunya di penerbit anggota IKAPI,” ungkapnya.

Senada, ketua IDRI Banten, Achmad Rozi El Eroy mengatakan bahwa kegiatan seminar dimaksudkan untuk memfasilitasi para dosen yang berkeinginan untuk mendapatkan hibah buku ajar.

“Kegiatan ini untuk memotivasi mendapatkan hibah buku dan sekaligus memberi pencerahan kepada para dosen tentang teknik menulis buku ajar,” ujarnya.

 

Wartawan: Fitra Nugraha / Editor: Jemmy

TINGGALKAN KOMENTAR

12 − five =