“Gerak Menggerakan, Hebat Menghebatkan” Geliat Literasi Bersama PPMN

“Gerak Menggerakan, Hebat Menghebatkan” Geliat Literasi Bersama PPMN

0
BAGIKAN

Oleh : Nurbadriyah, M.Pd (Ketua Umum PPMN)

PPMN (Perkumpulan Penulis Motivator Nasional) adalah sebuah organisasi yang didirikan dengan tujuan meningkatkan pemahaman dalam dunia tulis menulis, dilingkungan organisasi ini yang mewadahi para penulis dan motivator seluruh Indonesia apabila dilihat sekilas tampak seperti perkumpulan biasa, sama seperti perkumpulan lainnya yang hanya ingin terlihat keren dan beken.

Namun nyatanya, PPMN ini sangatlah unik sebuah perkumpulan yang terdiri dari berbagai macam profesi bisa turut terlibat bergerak senada dan seirama untuk menghasilkan nada indah yang dapat dinikmati oleh semua masyarakat Indonesia. Nada indah tentang meningkatnya kepercayaan diri terhadap dunia tulis menulis yang dapat memacu setiap orang untuk “bergerak-menggerakkan dan hebat-menghebatkan”.

Dalam organisasi ini bukan hanya lingkup tulis menulis untuk publik, tetapi juga berbicara di hadapan publik dengan cara gaya yang menarik, penuh talenta, dan sarat akan karya. Penguasaan literasi  di era digital menjadi sangat penting, itulah yang mendasari PPMN mencoba untuk membuat langkah kecil yang akan menghasilkan ribuan langkah panjang kedepannya. Di bulan Ramadan yang baru saja berlalu menjadi momentum untuk berbagi pengalaman, pengetahuan dan share informasi dengan penyelenggaraan kegiatan webinar bertajuk “Menunggu berbuka bersama PPMN”.

Kegiatan “Menunggu berbuka bersama PPMN”  digelar selama bulan ramadan kemarin, dengan sasaran para pengurus PPMN Wilayah dan daerah se-Indonesia, konsep yang diusung dilaksanakan sacara daring (dalam jaringan) webinar dilaksanakan sebanyak 7 episode, menghadirkan narasumber yang luar biasa. Kegiatan ini terlaksana searah dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, guna mendorong dan menunjang bagi setiap pendidik profesional dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.

Baca Juga :   The Nature Of a Young Man

7 Materi yang kami suguhkan dalam rangkaian kegiatan tersebut adalah :

  1. Publik Speaking dan permasalahannya
  2. Jurus Rahasia Membuat Tulisan Anda Terjual Keras
  3. Menulis Asyik di BLOG
  4. Menulis, Sarana Melunakkan Hati
  5. Be Positive, Unistaling Negativity
  6. Menulis Bersama Puisi Akrostik
  7. Menulis Opini Artikel Popular Ilmiah

Percepatan peningkatan kemampuan literasi PPMN Selanjutnya mengagendakan pelatihan dan pelantikan yang akan dipusatkan di Jakarta. Bagi semua elemen yang ada dalam PPMN, adrenalin akan semakin terpacu jika banyak orang yang mencibirnya, kepuasan akan hadir jika semua orang merasakan kehadirannya.

Ilmu tanpa ulasan sebagai pembiasaan adalah sesuatu yang sia-sia. Biasakan menulis apa pun dari setiap hal yang kita simak, dengar, atau lihat. Tulisan dapat berupa  laporan, puisi, artikel, motivasi, cerita inspiratif,  atau ulasan.  Semua yang kita dapat akan semakin melekat di ingatan jika kita kembali catat dan posting dalam bentuk tulisan-tulisan di media sosial. Fungsinya sebuah komunitas seperti PPMN adalah kita saling menyemangati dalam bentuk komentar dan juga tulisan. Jadi, ilmu akan melekat jika disimak, diserap, dan kembali dicatat.

Baca Juga :   Raport Merah Setahun Covid-19: Dampak Positif dan Negatif Pandemi Covid-19 Terhadap Lingkungan

Mari buktikan pada dunia, Melalui PPMN menjelajah Dunia, Bukan Wacana.

TINGGALKAN KOMENTAR

twenty − 8 =