Efektifitas Piket Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 05 Kota...

Efektifitas Piket Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 05 Kota Serang

0
BAGIKAN
Foto: Anik Sry

oleh Anik Sri Mujiati, M.Pd. (Guru SMKN 05 Serang dan Dosen AAKPI Serang)

Kata efektifitas mempunyai beberapa pengertian, efektifitas yaitu akibatnya, pengaruh, kesan, manjur, dapat membawa hasil (KKBI, 1995). Dalam kamus kamus ilmiah populer, efektifitas adalah ketepatgunaan, hasil guna, menunjang tujuan. (Widodo, 202:114).

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) piket / pikꜚeꞌt / 1 n kelompok atau regu yang melakukan tugas jaga siang atau malam hari (biasanya dalam kesatuan militer, rumah sakit, kantor, dan sebagainya);  2 menjalankan tugas piket.

Guru (Bahasa Sansekerta) yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah “berat” adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam Bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik professional denga tugas utama mendidik, mendidik, mengajar, memebimbing, mengrahkan, melatih, menilai, dan mengevalauasi peserta didik.

Berdasarkan pengertian diatas, piket guru adalah suatu kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh tenaga pendidik berdasarkan surat keputusan/jadwal yang dikeluarkan oleh sekolah ybs.

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai. (Sudirman, 1986:75).

Menurut Uno, (2006) Motivasi dan belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan bekajar, harapan akan cita-cita Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik.

Siswa/siswi istilah bagi peserta didik pada jenjang pendiidkan menengahpertama dan menengah keatas. Siswa adalah komponen masukan dalam sistem pendidikan, yang selanjutnya diproses dalam proses pendidikan, sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Efektifitas piket guru dengan motivasi belajar siswa di SMKN 05 Kota Serang merupakan suatu upaya sekolah dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta didik dengan tujuan menciptakan suasana lingkungan belajar yang lebih kondusif dan berkualitas.

Baca Juga :   Wujudkan SDM Unggul, Perusahaan Butuh Pemagangan

Kegiatan piket guru di sekolah SMKN 05 Kota Serang salah satunya adalah guru datang ke sekolah lebih awal dari jadwal kedatangan biasanya. Jadwal kedatangan guru yang piket ke sekolah jam 06.30, sedangkan kehadiran guru di jenjang SMK/SMA berdasarkan peraturan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Banten berada di sekolah sebelum jam 07.00 dan meninggalkan sekolah setelah jam 15.30.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai dari jam 07.15 selasai jam 15.30 kecuali hari jumat selesai KBM jam 15.00.

Dalam pembagian guru piket yaitu jumlah tenaga pendidik dibagi dengan jumlah hari aktif KBM. Jumlah hari aktif KBM SMKN 05 Kota Serang adalah 5 hari (dari hari senin sampai hari jumat). Jumlah tenaga pendidik SMKN 05 Kota Serang tahun ini adalah berjumlah 83 yang terdiri dari  61 guru dan  22 tenaga tata usaha serta jumlah siswa berjumlah 1284. Setiap guru dijadwalkan sekali dalam seminggu. Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan Kepala Sekolah SMKN 05 Kota Serang  ada 16 tenaga pendidik menjalankan piket guru setiap harinya.

Tugas utama guru yang piket selain datang lebih awal yaitu menyambut kedatangan siswa/siswi kesekolah dengan memberikan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). Guru stand by (berdiri) di halaman depan sekolah jalan utama masuk ke sekolah. Setiap siswa yang sudah memasuki pintu gerbang sekolah akan mendapati sebagian guru-guru mereka yang sedang berjajar dengan keramahan yang memberikan semangat dalam mengawali kegiatan belajar selama satu hari. Siswa dengan penuh semangat juga melemparkan senyuman, menyapa guru dengan sopan serta memberikan salam dengan santun kemudian salaman dan cium tangan bapak/ibu guru tsb.

Di setiap pagi hari, suasana SMKN 05 Kota Serang tergambarkan keharmonisan antara warga sekolah, guru memberikan keteladanan kedisiplinan secara langsung kepada siswa/siswiya. Selain itu dengan piket guru, guru telah memberikan motivasi belajar secara tidak langsung kepada siswa. Pada dasarnya keefektifitasan piket guru dengan motivasi belajar sangat dibutuhkan di setiap sekolah khususnya di SMKN 05 Kota serang.

Baca Juga :   Sinergi Tingkatkan Kompetensi Aparatur Desa Untuk Kelola Dana Desa

Siswa dengan memperoleh senyuman dan sapaan hangat oleh para guru bisa menumbuhkan   sikap dan mental yang positif, antusias dalam belajar serta terjalin keakraban antara tenaga pendidik dan siswa. Menurut Kepala Sekolah SMKN 05 Kota Serang Bapak H.Amin Jasuta S.Pd.,MM dalam rapat rutin guru bahwa dengan piket guru kita sebagai tenaga pendidik harus memberikan pelayanan prima kepada anak didik kita, dengan salah satunya pelayanan kita adalah dengan melaksanakan piket guru setiap hari sesuai jadwal yang telah disusun. Karena dengan sapaan dan senyuman Bapak/Ibu guru dapat menyalakan semangat siswa dalam belajar.

“Kita pernah merasakan menjadi siswa bagaimana semasa menjadi siswa , guru kita menyapa dan tersenyum kepada kita yang saya rasakan waktu dulu,  guru tersebut seperti menyalakan semangat di dalam diri saya,” ujar Amin Jasuta.

”Bapak Ibu guru SMKN 05 Kota Serang mari kita memberi pelayanan yang prima kepada anak didik kita dengan salah satunya melaksanakan piket guru dengan tepat waktu, tidak ada alasan Bapak/Ibu untuk terlambat,” tambahnya.

Seluruh guru SMKN 05 Kota Serang  sangat mendukung bahwa dengan adanya piket guru di sekolah dengan datang lebih awal dan menyambut kedatangan siswa sangat bermanfaat bagi guru dan siswa. Guru lebih disiplin dalam kehadiran dalam menjalankan tugas di sekolah, siswa lebih semangat dalam menjalankan kegiatan belajar.

Dengan mulai diberlakukan program kegiatan piket guru, guru dan siswa SMKN 05 Kota Serang  lebih disiplin dan semangat dalam kegiatan belajar dan mengajar. Progam kegiatan piket guru di SMKN 05 Kota Serang merupakan intregitas dari peningkatan kualitas pendidikan demi terciptanya out put yang lebih bersaing terutama di dunia industri.

TINGGALKAN KOMENTAR

fifteen + 13 =