Dukung Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Unbaja dan Relawan Kampung Tandatangani...

Dukung Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Unbaja dan Relawan Kampung Tandatangani MoU

0
BAGIKAN
Penandatanganan MoU

Serang (4/6/2021) Pada awal tahun 2020 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim meluncurkan kebijakan untuk perguruan tinggi yang dikenal dengan “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka” (MBKM).

Jika merujuk pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan perguruan tinggi, konsep yang ditawarkan founder Gojek ini bertujuan mengajak seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk membangun rencana strategis dalam mempersiapkan kompetensi mahasiswa secara matang untuk lebih gayut dan siap dengan kebutuhan zaman.

Dalam rangka merespon dan mendukung kebijakan tersebut, Universitas Banten Jaya (Unbaja) bergerak cepat menggaet beberapa stakeholder untuk melakukan kerjasama strategis.

Menindaklanjuti rencana tersebut, Unbaja melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Yayasan Relawan Kampung Indonesia untuk Proyek Kemanusiaan sebagai realisasi MBKM pada Kamis (3/6/2021).

Baca Juga :   Pererat Hubungan, UNBAJA Adakan MoU dengan Banteninfo.com

Turut hadir dalam agenda tersebut Rektor Unbaja, Dr. Sudaryono, SP., S.Pd., M.Pd., Wakil Rektor Unbaja, Sutanto, S.Kom., M.Kom., Dekan Fakultas Teknik Unbaja, Frebhika Sri Puji Pangesti, S.T., M.Sc., Kaprodi Teknik Sipil Unbaja, Nila Prasetyo Artiwi, S.T., M.T., Kabag Inovasi Unbaja, Fitriyah, S.Si., M.Si., dan Kabiro Kerjasama Unbaja, Chotibul Umam, M.Pd., M.Par.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh pihak Unbaja dengan Muhammad Arif Kirdiat, S.H. selaku founder sekaligus Ketua Yayasan Relawan Kampung Indonesia.

Simbolis tanda kerjasama

Pada kesempatan tersebut, Sudaryono selaku Rektor Unbaja mengucapkan terima kasih kepada segenap Tim MBKM Unbaja dan Relawan Kampung berkaitan dengan kerjasama tersebut. Ia juga berharap dalam program MBKM ini, para mahasiswa dapat mengimplementasikannya dengan baik di lapangan.

Diketahui sebelumnya Unbaja telah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak untuk suksesi program MBKM ini.

Baca Juga :   Alumni AKABRI 88-W84 Menyerahkan Bansos 1500 Paket Sembako kepada Masyarakat

“Adapun kalau Kampus Merdeka Unbaja itu sudah beberapa program yang diikutkan. Sebelumnya, sudah ikut (program MBKM) mahasiswa Filkom (yang) magang di Google, yaitu program Bangkit. Terus sama Dinas Lingkungan Hidup terkait studi independen, magang di industri dan juga nanti ada pertukaran pelajar antar prodi,” tutur Fitriyah.

Di tempat yang sama, Arif Kirdiat menyampaikan apresiasinya karena kembali dilibatkan dalam program yang menunjang keberlangsungan pendidikan, khususnya di Perguruan Tinggi.

Kendati demikian, pelaksaan Proyek Kemanusiaan yang termasuk dalam program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka itu akan dilaksanakan pada Agustus 2021, sebagai konversi mata kuliah yang berkaitan dengan pembangunan jembatan gantung Prodi Teknik Sipil Unbaja dan sebelumnya akan diadakan pembekalan dalam satu pekan. (MAS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

3 × 3 =