Dukung Percepatan Industri Nasional, Jorong Port Beri Masukan Pemerintah

Dukung Percepatan Industri Nasional, Jorong Port Beri Masukan Pemerintah

0
BAGIKAN

Banteninfo,(Nasional)- PT. Jorong Port Development (JPD) menghadiri rapat  Percepatan Pengembangan Kawasan Industri yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kementrian Perindustrian Republik Indonesia di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (13/03/2018).

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Utama PT. Jorong Port Development (JPD), Wisnu Soehardjo mengatakan, kurang singkronnya antar instansi kementrian akan berpengaruh pada lambatnya pembangunan Kawasan Indsutri (KI)  nasional yang sedang dicanangkan oleh pemerintah.

“Salah satu permasalahan kita dalam pengembangan kawasan Industri adalah koordinasi, sinkronisasi, dan implementasi. Fungsi yang baru ini harus bisa koordinasi antar tiap kementian agar tidak overlapping.” Ujar Wisnu Soehardjo.

Wisnu juga menjelaskan bahwa pada implementasi di kabupaten atau provinsi selalu terkendala masalah regulasi yang tidak singkron antara pusat dan daerah. Maka diperlukan penguatan dari pemerintah pusat.

Baca Juga :   Nofrian Fadil Akbar dari Universitas Riau Terpilih Sebagai Koordinator Pusat BEM SI

“Penguatan fungsi organisasi terlebih dahulu, setelah itu membuat kebijakan yang pasti supaya kita kuat secara regulasi. Jadi misalnya satu kebijakan telah diletakan oleh kementrian perindustrian RI, maka harus dikerjakan pula didaerah.” Ucap Wisnu.

Senada dengan hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan bahwa untuk mempercepat pengembangan kawasan industri, saat ini Kemenperin tengah  fokus melakukan percepatan pembangunan kawasan industri luar Jawa sebagai salah satu upaya pemerataan ekonomi nasional.

“Pembangunan kawasan industri juga dapat menjadi motor penggerak dalam rangka mewujudkan pembangunan industri yang menyebar dan merata ke seluruh wilayah. Tujuan akhirnya yaitu pemerataan industri secara nasional.” Tutur Putu.

Baca Juga :   HMB Jakarta: Polda Banten Diminta Segera Menyelesaikan Kasus Kecelakaan Bus Murni Jaya

Putu juga menambahkan bahwa geliat industri nasional sudah memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Peranan kawasan sangat penting untuk menopang tumbuh kembangnya industri nasional. Industri kita harus kuat, dan ketahanan industri nasional bisa kita buat secara preventif.” Tutup Putu. (Ned/Rasback)

TINGGALKAN KOMENTAR

nineteen + fifteen =