Cegah Politik Uang, Panwaslu Petir Gelar Sosialiasi

Cegah Politik Uang, Panwaslu Petir Gelar Sosialiasi

0
BAGIKAN
Panwaslu Petir sosialisasikan bahaya politik uang / Lutpiani

Serang – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Petir menggelar sosialisasi pencegahan politik uang yang bertempat di kantor kecamatan Petir, Rabu (13/02/2019).

Menurut Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di pasal 523, politik uang merupakan kegiatan menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan dengan tujuan supaya tidak mengunakan hak pilihnya atau memilih peserta pemilu atau menggunakan hak pilihnya dengan cara tertentu.

Subhan, Ketua Panwaslu kec. Petir mengatakan, lebih baik masyarakat menentukan pilihannya sendiri dibandingkan terpedaya dengan janji manis si calon maupun gelontoran uang yang diterima.

“Politik uang itu bahaya, sebaiknya masyarakat harus bisa menentukan pilihannya sendiri dan melihat bagaimana latar belakang serta program-program yang disampaikan, bukan termakan janji-janji manisnya saja,” jelasnya.

Baca Juga :   AAKPI Miliki Laboratorium Mini Bank

Subhan menyampaikan tujuan kegiatan ini agar masyarakat mengetahui bahwa politik uang dilarang oleh agama dan undang-undang, masyarakat juga harus cerdas dalam menentukan pilihannya.

Subhan juga menginginkan agar masyarakat kec. Petir tidak terlibat dalam politik uang.

“Semoga pemilihan umum tahun 2019 di kecamatan Petir tidak ada politik uang dan masyarakat harus cerdas dalam menentukan pilihannya, jangan sampai satu suara dijual karena dijanjikan dengan sejumlah uang,” tegasnya.

Berdasarkan hasil pleno PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan) Petir bahwa DPT ( Daftar Pemilih Tetap ) berjumlah 44.293 ( empat puluh empat ribu dua ratus sembilan puluh tiga ) pemilih laki-laki  22.757 ( dua puluh dua ribu tujuh ratus lima puluh tujuh ) dan pemilih perempuan 21.536 ( dua puluh satu ribu lima ratus tiga puluh enam ).

Baca Juga :   Pilkada Tangsel, KAMMI: Tolak Politik Uang

Hadir juga Camat Petir Bapak Ajat, Kaposek Petir Bapak Edi, Koramil Petir Bapak Rusmayadi, Kepala Desa se-kecamatan Petir, Ketua MUI Petir Abah Haji Sugiri, Perangkat desa se- kecamatan Petir dan tamu undangan lainnya.

 

Wartawan: Lutpiani / Editor: Ilham Rasyid

TINGGALKAN KOMENTAR

twenty − two =