Cegah Hoax dan Faham Menyimpang, FKPT Banten Gelar Dialog Online Banten Damai

Cegah Hoax dan Faham Menyimpang, FKPT Banten Gelar Dialog Online Banten Damai

0
BAGIKAN
Foto: Tangkapan layar dialog online FKPT Banten / Humas FKPT Banten

Serang – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Banten melakukan diskusi online Banten Damai, Rabu (10/06/2020). Diskusi ini mengangkat tema “Isu Hoax dan Peran Serta Media Cegah Gerakan Faham Menyimpang”.

Ketua FKPT Provinsi Banten, Amas Tajudin pada pengantar acara dialog online mengatakan bahwa banyak masyarakat yang terjangkit virus gerakan terorisme dan mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara. Banyak masyarakat yang terjangkit virus gerakan, dan pemahaman radikalisme yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara dan penyebaran virus dilakukan salah satunya dengan menyebar informasi Hoax.

“Gerakan-gerakan terorisme biasanya selalu menyudutkan pemerintah agar terjadi kerusuhan di masyarakat sehingga hilang rasa percaya pada pemerintahan dan hilang rasa cinta terharap tanah air Indonesia,” imbuh Amas.

Baca Juga :   FKPT Banten: Hindari Literasi Digital yang Menjurus Faham Menyimpang

sementara itu Ade Aryanto Kepala Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Banten, memaparkan bahwa penyebaran hoax mayoritas dilakukan melalui media sosial yang penggunanya didominasi kaum muda, sehingga mudah terpengaruh oleh berbagi berita dan broadcat yang belum tentu kebenarannya. Sehingga perlu diwaspadai oleh setiap orang supaya tidak serta merta meyakini dan mempercayai informasi yang diterimanya dari media sosial.

“Apalagi bagi yang dengan cara terang-terangan menyebarkan informasi bohong dapat dijerat oelh undang-undang ITE,” ujar Ade

Pada kesempatan yang sama, Sehabudin Kepala Bidang Media, Hukum dan Humas FKPT Banten kepada peserta yang mengikuti diskusi online tersebut untuk lebih cermat memilih dan memilah informasi yang perlu atau tidak perlu diteruskan kepada orang lain. Karena setiap informasi yang kita terima melalui teknologi yang ada saat ini, belum tentu dapat diyakini kebenarannya.
Saring sebelum sharing, ungkapnya. (FN)

Baca Juga :   Polres Pandeglang Gelar Upacara Bendera HUT RI Ke 75, Ini Amanat Khususnya

 

TINGGALKAN KOMENTAR

3 × four =