CDC-Inbis Unbaja Gelar Webiar Sukses Berbisnis Diusia Muda

CDC-Inbis Unbaja Gelar Webiar Sukses Berbisnis Diusia Muda

0
BAGIKAN

Serang (13/12/2021) – Untuk memberikan semangat dan motivasi bagi para mahasiswa agar berwirausaha, Career Development Center dan Inkubator Bisnis (CDC-Inbis) Universitas Banten Jaya menyelenggarakan webinar bertema “Sukses Berbisnis di Usia Muda” secara daring melalu platform zoom meeting.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at, (10/12/2021) dari pukul 09.00-11.00 WIB. Webinar diikuti lebih dari 150 peserta yang berasal dari kalangan guru, siswa-siswi SMA/SMK, para mahasiswa dan alumni UNBAJA, para penggiat UMKM dan umum di Provinsi Banten. Pada acara ini CDC-Inbis UNBAJA menghadirkan dua pembicara, yaitu Dr. Lia Amalia, M.Pd., selaku kepala UPT. CDC-Inbis sekaligus owner dari Rhamala Hijab serta seorang alumni Universitas Banten Jaya dari program studi Teknik Lingkungan yang sukses dalam meniti karirnya sebagai seorang wirausahawan dibidang pertanian yaitu hidroponik Riyan Syarif Hidayatullah, ST., selaku owner dari Riyan Farm.

Webinar ini dibuka oleh Nely Hartika, M.Pd., selaku Wakil Rektor II Universitas Banten Jaya yang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan webinar ini.

“Kegiatan ini sangat penting untuk memotivasi mahasiswa, khususnya mahasiswa UNBAJA agar semangat dalam menjalani perkuliahn dan mempunyai gambaran lebih luas setelah lulus nanti,” tuturnya

Baca Juga :   IDRI Banten Gelar Seminar Nasional Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)

Kepala UPT CDC-Inbis UNBAJA sekaligus narasumber pada kegiatan ini mengungkapkan tujuan acara ini diselenggarakan yaitu memperkenalkan divisi career development center dan incubator bisnis di UNBAJA dan berharap para mahasiswa kedepannya bisa match skill dan education untuk berkarir di dunia kerja, serta mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.

“Pengembangan karier mahasiswa sejak dini akan menentukan peta jalan sukses ketika setelah jadi alumni. Kini kampus harus memberi ruang dan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa menentukan karier di masa depan,” ujarnya

Dr. Lia juga mengemukakan bahwa kedepannya CDC-Inbis akan melakukan kegitan serupa dan terus dilaksanakan agar mahasiswa UNBAJA memiliki semangat untuk sukses di usia muda serta sangat mendukung mahasiswanya yang memiliki prestasi.

“CDC-Inbis juga memiliki target yang salah satu target terdekatnya adalah akan mengadakan acara jobfair yang mana mahasiswa UNBAJA dapat mengakses langsung ke perusahaan pada saat open table acara jobfair nanti,” tutur Lia.

Narasumber selanjutnya Riyan Syarif Hidayatullah, pemilik Riyan mengungkapkan kiat-kiat sukses di usia muda yaitu menentukan tujuan hidup, susun cara mencapai tujuan hidup dan estimasi waktunya, membagi tujuan hidup menjadi target-target jangka pendek, memaksakan diri keluar dari zona nyaman dan membiasakan diri menghadapi kegagalan, menjalani gaya hidup frugal.

Baca Juga :   KI Provinsi Banten dan Pers Gelar Diskusi Keterbukaan Informasi Publik

“Tidak hanya dalam bidang usaha saja, anda juga bisa meraih keberhasilan di usia muda dengan bidang yang ditekuni, sebenarnya wirausahawan sukses berawal dari hobi yang kemudian ditekuni secara serius dan dengan metode yang tepat sehingga dapat menjadi sebuah pekerjaan yang menguntungkan serta dapat menciptakan peluang atau lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Ia juga memberikan pengalaman berwirausaha hidroponik kepada para mahasiswa, siswa dan UMKM untuk semangat mengembangkan usaha yang dirintisnya.

“Riyan Farm sendiri telah berhasil mengembangkan usaha hidroponiknya dengan luas kebun 1 Cipocok Jaya (500 m2) hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) 13.800 lubang tanam dengan hasil produksi 1.400 kg/Periode tanam,” ujar Riyan

Setelah pemaparan para narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan foto persama oleh seluruh peserta webinar. (MAS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

20 + eight =