BPBD Lebak Tingkatkan Siaga Bencana Banjir dan Longsor

BPBD Lebak Tingkatkan Siaga Bencana Banjir dan Longsor

0
BAGIKAN

Banteninfo.com (LEBAK) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, meningkatkan status bencana banjir sehubungan meluapnya Sungai Ciujung akibat peningkatan curah hujan di daerah itu.

“Kita sudah menyampaikan peringatan bencana banjir kepada masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciujung,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Sabtu (24/3/2018).

Masyarakat yang tinggal dibantaran Sungai Ciujung di Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak sudah bersiap-siap mengungsi ke tempat yang lebih aman jika hujan berlangsung hingga malam hari.

Curah hujan terjadi sejak pagi hingga sore ini terus berlangsung dengan intensitas ringan sehingga berpotensi menimbulkan banjir dan longsor.

Baca Juga :   Gelar Lomba Pidato Tiga Bahasa dan Kajian Kitab Kuning, FSPP Berharap Santri Tetap Berprestasi

Saat ini, Sungai Ciujung yang menampung puluhan anak sungai yang sumber airnya dari kawasan hulu Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) meluap. Bahkan, luapan Sungai Ciujung berstatus siaga dengan permukaan air di atas 450 sentimeter dan debit air 750 M3 per detik.

“Kami menginstruksikan kepada camat, desa/kelurahan dan relawan agar siaga bencana banjir dan longsor,” tegas Kaprawi.

download

Menurut Kaprawi, saat ini banyak ditemukan rumah warga terancam longsor sehingga mengancam keselamatan jiwa mereka. Selain itu juga warga yang kerapkali dilanda banjir kebanyakan tinggal di Rangkasbitung karena berada di bantaran Sungai Ciujung.

BPBD meminta warga dapat meningkatkan siaga menghadapi bencana alam, terutama saat hujan deras secara terus menerus.

Baca Juga :   Dorong Anak-Anak Berani Bermimpi, Garasi Hippsa Gelar Agenda Kolaborasi

“Kami minta warga yang tinggal di daerah banjir dan longsor sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman karena curah hujan hingga berlangsung di atas tujuh jam,” katanya.

(awd/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

two × 1 =