BEM Nusantara Korwil Banten Menyarankan Kapolda Tindak Tegas Oknum Buruh Perusak Kantor...

BEM Nusantara Korwil Banten Menyarankan Kapolda Tindak Tegas Oknum Buruh Perusak Kantor Gubernur

0
BAGIKAN
Foto: Madhapip / BEM Nusantara Banten

Serang – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Korwil Banten, Mad Hapip menyayangkan aksi demonstrasi buruh yang berujung tindakan anarkis yang dilakukan oknum peserta aksi Buruh, Rabu (22/12/2021). Aksi tersebut dinilai tidak beretika dan melecehkan institusi negara.

“Demonstrasi dalam hal ini juga kebebasan berekspresi memang jelas di payungi undang-undang seperti yang kawan-kawan BEM Nusantara pahami, namun tentunya dengan cara-cara yang tetap mengedepankan nilai-nilai intelektual, bukan berujung dengan tindakan anarkis dan merusak fasilitas negara, dengan memasuki kantor kerja gubernur banten dan membuat kegaduhan,” Ujar Hapip, Kamis (23/12/2021).

“Kami memahami urgensi keinginan buruh untuk berdialog dengan gubernur banten dan pemerintah provinsi banten namun bukan berarti dengan melakukan tindakan yang melanggar undang-undang serta merusak fasilitas negara,” sambungnya.

Baca Juga :   Satreskrim Polres Pandeglang Berhasil Tangkap AM Tersangka Pencabulan Anak

Kami juga sangat menyayangkan keamanan yang dilakukan oleh Polda Banten dalam mengawal aksi unjuk rasa buruh tersebut dan kami mendesak Kapolda Banten untuk menindak tegas dan menangkap oknum buruh yang melakukan tindakan anarkis tersebut. Karena dalam fungsi pengamanan aksi oleh kepolisian sudah tertulis dalam Peraturan Kepolisian Republik Indonesia no. 16 tahun 2006 tentang pengendalian masa.

Ditambah juga, kami menyayangkan pernyataan Gubernur Banten yang meminta pengusaha untuk cari pegawai baru jika buruh menolak UMP. Hal tersebut justru yang menyulut amarah para buruh sehingga membuat para buruh melakukan tindakan aksi anarkis.

Kami melihat bahwa gubernur banten juga harusnya memahami bahwa aksi mereka akibat statement gubernur yang justru membuat kontroversi bukannya memberikan solusi dan situasi yang menenangkan. (W)

Baca Juga :   Polres bersama Elemen Masyarakat Kota Cilegon Deklarasikan Pemilu Damai tahun 2019

TINGGALKAN KOMENTAR

9 + thirteen =