Bahas Pengelolaan Sampah, UNBAJA Jajaki Kerjasama dengan Dinas LH dan BAPPEDA Kab....

Bahas Pengelolaan Sampah, UNBAJA Jajaki Kerjasama dengan Dinas LH dan BAPPEDA Kab. Serang

0
BAGIKAN
Foto: kunjungan PSLH UNBAJA ke Dinas LH kab. Serang / Fitriyah

Serang – Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Banten Jaya (PSLH UNBAJA) melakukan penjajakan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang dan BAPPEDA Kabupaten Serang, Jumat (08/03/2019). Kerjasama ini terkait masalah lingkungan, terutama sampah yang ada di kabupaten Serang.

Sekretaris Dinas LH kab. Serang Kustaman menyebutkan bahwa jumlah rata-rata jumlah sampah domestik di kab. Serang kurang lebih sebanyak 3.300 ton perharinya. Hal ini membuat tata kelola sampah belum terkelola degan baik.

“Selain masalah sampah, kekurangan air bersih di kawasan Serang Utara juga perlu asistensi dari berbagai pihak,” pungkas Kustaman.

Senada dikatakan Kustaman, Kepala Dinas LH kab. Serang Budi Prihastio mengatakan, bahwa pengelolaan sampah di kab. Serang belum terkelola dengan baik dan menyambut baik penjajakan kerjasama pengelolaan sampah ini. Perlu diketahui bahwa Dinas LH kab. Serang sekarang ini sedang mengurangi debit sampah yang ada.

Baca Juga :   Tabur Bunga, Mahasiswa Menilai WH-Andika Gagal

“DLH kabupaten Serang rencananya akan membangun Stasiun Peralihan Antara atau yang disebut dengan SPA sebanyak 4 Zona yang saat ini sudah dimulai proses konstruksinya, guna mengurangi jumlah sampah yang ada di kabupaten Serang,” ujar Budi.

Sementara itu, Fitriyah menyatakan kesanggupannya untuk melakukan kolaborasi dalam penanganan masalah lingkungan yang dihadapi pemerintah kab. Serang.

“PSLH UNBAJA menawarkan konsep penggunaan Maggot dari BSF untuk mengurai sampah organik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fitriyah mengatakan pihak Dinas LH kab. Serang akan mengagendakan pertemuan lanjutan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan ini.

Agenda PSLH UNBAJA dilanjutkan mengunjungi BAPPEDA kab. Serang dan diterima Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Wilayah, Fredy Sinurat.

Fitriyah mengatakan, pertemuan kali ini menindaklanjuti pembicaraan sebelumnya dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Baca Juga :   UNBAJA teken MoU Program Prokasih dengan UPI Kampus Serang

“PSLH UNBAJA segera mempresentasikan kajian yang telah disusun dengan dihadiri oleh Ibu Bupati Serang, sehingga pimpinan dapat memberikan arahan lebih lanjut,” ungkap Fredy.

 

Wartawan: Ilham Rasyid  / Editor: Fitra Nugraha

TINGGALKAN KOMENTAR

20 − eighteen =