Andin, Ketua KeMANGTEER Serang Yang Muda nan Cantik

Andin, Ketua KeMANGTEER Serang Yang Muda nan Cantik

0
BAGIKAN
Foto: Nur Andini Putri / Chamdi

Serang – Nur Andini Putri ialah seorang perempuan muda nan cantik kelahiran 16 Mei 1996 ini memiliki kecintaannya terhadap lingkungan. Saat ini, Ia tergabung di komunitas peduli hutan mangrove di Serang yang bernama keMANGTEER Serang.

KeMANGTEER Serang berdiri sejak tahun 2014, tepatnya pada tanggal 6 April 2014.

Sebutan KeMANGTEER adalah singkatan dari KeSEMaT Mangrove Volunteer yang merupakan komunitas sukarelawan yang berfokus pada bidang konservasi ekosistem mangrove. Komunitas ini di Indonesia sudah ada di 12 regional, dan salah satunya adalah di Serang ini.

Andin seorang lulusan perpajakan di Universitas Sultan Ageng Tirtasaya tahun 2016 ini mulai bergabung di Komunitas keMANGTEER Serang pada tahun 2015.

“Dulu aku dapet info ada komunitas KeMANGTEER Serang ini tahun 2015 sewaktu aku masih kuliah,  aku lihat broadcastnya ini mendeskripsikan bahwa KeMANGTEER ini asik jalan-jalan terus, dan memang kebetulan aku hobi jalan-jalan dan hunting foto, terus aku daftarlah,” kata Andin, Rabu (27/03/2019).

Baca Juga :   UNBAJA Gandeng DLH Kota Serang Sinergikan Merdeka Belajar

Perempuan yang akrab disapa Andin ini menjabat sebagai ketua di KeMANGTEER Serang dan di KeMANGTEER Indonesia, Andin ini adalah pembina.

Andin mengatakan KeMANGTEER Serang dalam program terdekatnya akan mengadakan Kuliah Mangrove untuk seluruh anggota KEMANGTEER Serang. Program selanjutnya bertepatan hari bumi tanggal 21 April 2019 akan ada Penanaman serentak di 82 kota di Indonesia bersama lindungi hutan.

“Kalau kuliah mangrove itu sekaligus perayaan ulang tahun diadakan di sekitar Kota Serang, kalau penanaman di daerah Pontang dan terbuka untuk umum,” ucap Andin.

“Kalo kita biasanya bikin kegiatan di Karangantu (sekolah tinggi perikanan) ini udah ada trakingnya, Desa Domas (pondok informasi mangrovenya KeMANGTEER yang nantinya akan dibuat perpustakaan ekoliterasi mangrove untuk anak pesisir), Desa Lontar (ada ekowisata jembatan pelangi mangrove), Desa Susukan (belakang rumah warga), selain itu masih banyak, pulau-pulau juga ada,” lanjutnya.

Baca Juga :   Pemuda Kampung Terahan Rayakan Idulfitri 1443 H dengan Berbagi
Foto: komunitas keMANGTEER Serang
Foto: komunitas keMANGTEER Serang / Chamdi

Dalam setiap kegiatannya, Komunitas KeMANGTEER Serang mempunyi Visi dan Misi,  yaitu :
Visi :
Menjadi komunitas yang peduli pada ekosistem mangrove yang berbasis kepada pembangunan
masyarakat pesisir serang yang berkelanjutan.
Misi :
– Melakukan konservasi ekosistem mangrove di pesisir serang agar tetap lestari
Misalnya : penanaman, pembibitan, dll.
– Mengkampanyekan ekosistem mangrove
Misalnya : mempublish konten kreatif di media social.
– Mengedukasi ilmu Mangrove
Misalnya : KGTS, Kuliah Mangrove, Monitoring.

Andin selaku Ketua KeMANGTEER Serang berharap semoga komunitas ini bisa terus menumbuh kembangkan jiwa kreatifnya dan terus menginspirasi bagi generasi muda agar lebih peduli lagi pada ekosistem mangrove.

 

Wartawan: Chamdi / Editor: Fitra Nugraha

TINGGALKAN KOMENTAR

one × 5 =